Kamis, 20 September 2018

(MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR)

"Hakekat Strategi Belajar Mengajar
dan Teori-teori Belajar"

  














Hakekat Strategi Belajar Mengajar
         Strategi adalah memikirkan dan mengupayakan interaksi sosial dengan semua komponen KBM secara optimal dan konsisten melalui berbagai siasat. Adapun komponen KBM adalah sebagai berikut:
  • siswa
  • guru
  • tujuan pembelajaran
  • materi pembelajaran 
  • metode mengajar
  • media pembelajaran dan
  • evaluasi
          Belajar adalah upaya dilakukan seseorang agar memperoleh sesuatu. Sedangkan mengajar adalah kegiatan yang mengupayakan terjadinya proses belajar. Belajar dan mengajar dilakukan pada waktu yang bersamaan. Guru mengajar guru yang akan mengajar harus mengenal kiat atau strategi “membelajarkan” siswa sehingga tujuan diharapkan tercapai


Macam - macam Teori Belajar

1. Menurut Bruner
     Teori Bruner yang selanjutnya disebut pembelajaran penemuan (inkuiri) adalah suatu model pengajaran yang menekankan pentingnya pemahaman tentang struktur materi (ide kunci) dari suatu ilmu yang dipelajari, perlunya belajar aktif sebagai dasar dari pemahaman sebenarnya, dan nilai dari berfikir secara induktif dalam belajar ( pembelajaran yang sebenarnya terjadi melalui penemuan pribadi). Menurut Bruner, belajar akan lebih bermakna bagi siswa jika mereka memusatkan perhatiannya untuk memahami struktur materi yang dipelajari. Untuk memperoleh struktur informasi, siswa harus aktif dimana mereka harus mengidentifikasi sendiri prinsip kunci daripada hanya sekedar menerima penjelasan dari guru. Oleh karena itu guru harus memunculkan masalah yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan penemuan. Dalam pembelajaran melalui penemuan, guru memberikan contoh dan siswa bekerja berdasarkan contoh tersebut sampai menemukan hubungan antar bagian dari struktur materi.

2. Menurut J. Piaget
    Prinsip – prinsip pengajaran Piaget sangat sering diterapkan dalam program– program yang menekankan (1) pembelajaran melalui penemuan dan pengalaman nyata dan pemanipulasian langsung alat, bahan atau media belajar lain dan (2) peran guru sebagai seorang yang mempersiapkan kurikulum dimana peserta didik dapat memperoleh berbagai pengalaman belajar yang luas 

3. Menurut  Ausubel
    Menurut Ausubel ada dua jenis belajar : (1) Belajar bermakna (meaningful learning) dan (2) belajar menghafal (rote learning). Belajar bermakna adalah suatu proses belajar di mana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dipunyai seseorang yang sedang belajar. Sedangkan belajar menghafal adalah siswa berusaha menerima dan menguasai bahan yang diberikan oleh guru atau yang dibaca tanpa makna.

4. Menurut Gagne
     Gagne di dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, pengertian belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan yang terjadi dimaksud disebabkan adanya pengalaman dan latihan-latihan bukan berupa akibat refleks atau naluri.  

 5. Menurut Winkel
     Winkel Berpendapat, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman. 

6. Menurut Bower
    Bower berpendapat Belajar adalah ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya latihan dan pengalaman-pengalaman. Kemudian menurut Bower (1987: 150) “Learning is a cognitive process”.  Belajar adalah suatu proses kognitif.

7. Menurut Skiner
    Menurut Skinner hubungan antara stimulus dan respon yang terjadi melalui interaksi dengan lingkungannya, yang kemudian menimbulkan perubahan tingkah laku, tidaklah sesederhana yang dikemukakan oleh tokoh tokoh sebelumnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar